Jumat, 24 Februari 2012

Kuda Cerdas


       Diceritakan di sebuah kerajaan,hidup seorang raja yang hobinya berkuda dan dia bangga dengan kuda-kudanya, sesekali raja menungganginya keliling istana. Suatu hari raja singgah di kandang kuda,dan raja melihat Bejo si penjaga kandang sedang menyuapi si hitam kuda kesayangannya. Di dekat rumput ada ember kecil, entah berisi cairan apa. " wow,rupanya si hitam kuda yang manja,makan saja minta di suapi" komentar raja. Segera sang raja membungkuk mengambil segenggam rumput dan mencoba menyuapi si hitam.
     Olala si hitam melengos gak mau disuapi sang raja. raja tersinggung, kurang ajar si hitam menghinaku. bayangkan seorang kuda menolakku. Rajapun kembali ke istana dan menceritakan pada permaisurinya,dan permaisuri berkata mungkin si hitam sudah kenyang. Coba berikan rumput pada saat pagi hari. Karena merasa penasaran sang rajapun pagi harinya pergi diam2 ke kandang kuda dan mengambil segenggam rumput dan ternyata sampai berulang-ulang kali si hitam tetap aja melengos. Raja akhirnya menyuruh pak khosim  pengawal pribadi sekaligus tukang cukur kerajaan untuk mengamati cara bejo ngasih makan sama si hitam.
     Besoknya pak khosim langsung bertindak, dengan mengadakan cukur gratis bagi para penghuni kerajaan di dekat kandang kuda dengan niat sambil melakukan pengamatan. Setelah mencukur selesai pak khosim melihat bejo lagi nyuapi si hitam,diapun menghampirinya. "Kuda yang istimewa, makannya disuapi penjaga yang istimewa juga" kata pak khosim. Kudanya memang istimewa tapi penjaganya biasa saja,kata bejo merendah. Pak khosim tersenyum,jangan merendah, akan kubuktikan kalau kau istimewa. Diambilnya rumput dan disuapinya si hitam,namun si hitam melengos,tuh lihat sendiri ia hanya mau disuapi olehmu. Bejo tertawa, sebenarnya si hitam mau disuapi oleh siapa saja kalau tahu caranya. Bejo mengambil rumput dan mencelupkan ke dalam ember yang berisi air madu dan menyuapi si hitam. Pak khosim pun mencaba apa yang dilakukan oleh bejo. Ternyata benar sin hitam mau memakannya dengan lahap dari tangan pak khosim. hati pak khosim berbunga-bunga karena dia sudah mengetahui cara penyelesaian dari tugas yang di berikan oleh sang raja.
      Apapun, kalau kita tahu cara pasti mudah. Kalau tidak tahu caranya, ya pasti susah. Jadi segala sesuatunya itu membutuhkan pangamatan,pembelajaran,dan pemahaman. Dan jangan pernah katakan tidak bisa sebelum kita melakukan itu semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 Motivasi dan Inspirasi: Kuda Cerdas Template by Bamz | Publish on Bamz Templates