Jumat, 08 Juni 2012

The Award (For Best Career Advice) Goes To...


Diakui atau tidak, banyak sekali hal-hal dalam hidup kita yang dipengaruhi oleh apa yang kita tonton, mulai dari pakaian, gaya bicara, tujuan bepergian, dan tak ketinggalan... karier.
Anda pasti terheran-heran, bagaimana film Hollywood bisa memengaruhi karier seseorang. Coba lihat lebih dalam ke setiap film yang Anda tonton, pasti setidaknya ada hal-hal kecil yang bisa diaplikasikan untuk perkembangan karier Anda. Nah, bertepatan dengan pengumuman anugerah Academy Awards ke-84 akhir Februari lalu, Cosmo akan berbagi tip karier yang bisa Anda pelajari dari sebagian film yang dinominasikan sebagai Best Picture tahun ini. Yeap, tonton filmnya dan buatlah karier Anda lebih meaningful. Anda pun bebas memilih pelajaran dari film mana yang menurut Anda paling berguna, ladies. And the award for the best career advice goes to...
There’s Always A Second Act
The Artist
Sinopsis: Peraih Oscar ini mengisahkan seorang aktor film bisu, George Valentin, yang enggan ikut arus membintangi film Hollywood yang mulai menggunakan dialog, sehingga kariernya mengalami kemunduran.
Pelajaran yang bisa diambil: Selalu ada peluang kedua. Jika Anda tak menemukan kepuasan di posisi saat ini, maksimalkan skill yang sebenarnya Anda miliki, dan temukan pekerjaan lain yang mungkin jauh lebih sesuai dengan Anda. Memang sih, artinya sama saja dengan memulai lagi dari nol, but it’ll be worth it. Dalam film tersebut George Valentin membutuhkan keyakinan yang besar dari dalam diri dan rela mengesampingkan ego untuk mengakui bahwa masa keemasannya sudah lewat. Namun, ia lantas menyadari bahwa dirinya memiliki sebuah skill lain yang selama ini ia pendam. Skill itulah yang kelak memberinya jalan keluar di saat ia merasa tak ada harapan untuk berkembang.
Let Your Imagination Run Free
Midnight in Paris
Sinopsis: Dalam perjalanan liburannya ke Paris, Gil Pender, seorang penulis naskah film asal Amerika, terhanyut dalam imajinasi suasana kota tersebut di tahun 1920-an. Gil pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berdiskusi dengan penulis-penulis idolanya dari masa lalu.
Pelajaran yang bisa diambil: Jika merasa stuck di profesi yang tidak memuaskan hasrat kreativitas Anda , biarkanlah imajinasi Anda berkembang. Salurkan passion Anda di tempat lain, tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang. Cari inspirasi dari tokoh-tokoh yang Anda kagumi.
Take A Risk
The Help
Sinopsis: Skeeter, jurnalis muda di Mississippi diam-diam menulis buku mengenai diskriminasi yang dialami para pekerja kulit hitam yang diperlakukan bak budak oleh para majikan kulit putih, yang tak lain adalah sahabat-sahabatnya sendiri.
Pelajaran yang bisa diambil: Keberanian mengambil risiko sering membuahkan hasil yang manis, seperti ide baru di kantor atau memutuskan untuk berhenti bekerja dan melakukan wirausaha. Lihat Skeeter, meski berisiko dikucilkan, namun demi sesuatu yang ia anggap benar, ia tak takut untuk jujur pada hatinya.
Play Your Role Well
Extremely Lod & Incredibly Close
Sinopsis: Oskar menjelajahi seantero New York untuk memecahkan teka-teki kunci misterius yang ditinggalkan sang ayah yang tewas dalam tragedi 11 September. Berbulan-bulan Oskar menemui puluhan bahkan ratusan orang untuk mencari tahu perihal kunci tersebut. Di lain pihak,  Oskar kurang begitu dekat dengan ibunya, bahkan membencinya. Padahal, tanpa sepengetahuan Oskar, sang ibu selalu memantaunya.
Pelajaran yang bisa diambil: Dipandang remeh oleh rekan kerja atau supervisor? Jangan biarkan hal itu menjatuhkan Anda. Fokus dan tetap lakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Nanti lambat laun pasti mereka akan melihat dedikasi dan kemampuan Anda yang sebenarnya. Seperti sosok ibu dalam film Extremely Loud & Incredible Close, meskipun dibenci oleh anaknya, namun ia tetap tulus menjalankan perannya sebagai ibu.
Be Outstanding
Moneyball
Sinopsis: Manajer tim bisbol oakland Athletics, Billy Beane, dikenal kontroversial karena memilih pemain untuk timnya dengan penilaian melalui angka-angka statistik, ketimbang cara konvensional seperti penelusuran bakat para pemain.
Pelajaran yang bisa diambil: Jangan selalu mencari posisi aman dengan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan semua orang. Bahkan jika nanti hasilnya tidak sesukses yang dibayangkan, si bos pasti akan mengagumi inisiatif Anda. Tapi jangan lupa untuk mencari momen yang tepat, jangan sampai Anda dianggap kurang waras oleh rekan kerja karena ide gila itu
( sumber :  Cosmopolitan Edisi April 2012 )

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►