Rabu, 29 Agustus 2012

Jangan menyerah.

Alkisah  ada seorang pemuda miskin yang sedang berusaha mencari pekerjaan di kota, dengan harapan uang yang ia dapatkan hasil dari bekerja dapat ia gunakan untuk membawa sang ibu yang sakit berobat kedokter. Ditengah perjalanan, ia mendengar bahwa ada seorang raja yang bijaksana hendak mengadakan sayembara untuk membuat sebuah perkebunan ditanah yang gersang lagi tandus demi keseja
hteraan penduduknya, dan siapa saja yang berhasil menanam tananaman padi ditanah yang gersang itu, hingga padi tersebut dapat dipanen setelah musim panen datang, maka sang raja akan memberinya sekantong uang emas. Terbesit dalam pikiran sang pemuda itu untuk mengikuti sayembara tersebut, namun keraguan mulai menghantuinya tatkala ia mendapati seluruh peserta sayembara rata-rata bertubuh besar, sedang dirinya seorang yang bertubuh kecil.
“Siapa saja yang berani mengikuti sayembara ini silahkan maju kedepan,” kata sang raja yang duduk disanggasana.
Dengan langkah yang pasti dan keyakinan yang penuh majulah pemuda itu bersama tiga orang pemuda lainnya yang bertubuh besar. Dan saat pemuda bertubuh kecil itu berada dibarisan depan bersama pemuda yang bertubuh besar, hampir semua penduduk yang menghadiri sayembara tersebut tertawa terbahak-bahak. Tiga hari berlalu, dan sayembara pun siap dilaksanakan. Gong yang dipukul sang raja menjadi tanda telah dimulainya sayembara tersebut.
“Disini ada sebuah cangkul yang telah disediakan oleh raja dan benih tanaman padi, silahkan mengambil cangkulnya satu per satu dan benihnya,” kata seorang pengawal raja.
Setelah sang pemuda itu mengambil salah satu cangkul dan benih padi yang telah tersedia, ia segera menuju ketempat yang akan dibuat perkebunan. Terlihat tempatnya begitu gersang lagi tandus dan tanpa membuang waktu pemuda itu segera mencangkul tanah itu lalu menyebar benihnya. Dan hasilnya sang pemuda itu hanya dapat menanam benih padi disebidang tanah, sedang pemuda yang lainnya mampu menanam dibeberapa bidang tanah. Sang pemuda itu tak terlihat bersedih sedikitpun meskipun banyak penduduk yang menertawakannya. Dan ketika musim panen datang, hasilnya begitu menganggumkan tanaman padi milik sang pemuda itu berhasil dipanen sedang milik pemuda yang lainnya gagal panen.
Bertanyalah sang raja padanya, “Nak apa rahasianya sehingga kamu bisa berhasil panen, sedang yang lainnya mengalami kegagalan?”
Sang pemuda menjawab, “Hampir setiap hari setelah saya mengurus ibu saya yang sakit, saya datang kesini untuk membersihkan rumput-rumput yang tumbuh diantara tananman padi tersebut dan mengairinya dengan air yang saya ambil dari sungai terdekat. Dan selama saya melakukan hal itu saya tak melihat salah seorang peserta sayembara melakukannya, sehingga tak heran jika tanaman padi mereka ditumbuhi oleh rerumputan. Dan itu menyebabkan gagal panen”
Dan sesaat setelah pemuda itu memberitahukan rahasianya meraih keberhasilan sang raja memberinya sekantong uang emas, kemudian pemuda itupun pulang kerumah dengan hati yang senang karena dapat membawa ibunya berobat kerumah sakit.

sobat tercinta,
Bukan tempatnya yang akan membuat engkau berhasil, melainkan ketekunanmu dalam mengupayakan keberhasilan itulah yang akan memberhasilkanmu. Karena sungguh, sebuah hal kecil yang dapat kau selesaikan, itu lebih baik dibanding sebuah hal besar yang masih berada dalam angan-anganmu. Untuk itu, dalam kesempatan yang ada disaat waktu untuk meraih keberhasilan selalu tercipta, maka manfaatkalah waktu itu dengan sekecil-kecilnya tindakanmu untuk mengupayakan keberhasilan. Dengan begitu, kau akan melihat Tuhan Yang Maha Baik, akan memperbesar peluang meraih keberhasilan yang menjadi hakmu.
Jangan mudah menyerah dan cepat mengeluh dengan keadaanmu saat ini. Sebab, Tuhan tidak akan mengubah keadaanmu jika kau tak berusaha mengubahnya. Berhentilah mengeluh dan segeralah ambil langkah pertama untuk menciptakan tindakan. Seperti pepatah cina yang mengatakan, “langkah seribu mil selalu dimulai dari langkah pertama.” Maka, jika kau ingin berdiri diatas keberhasilan bangkitlah dari ranjang kemalasan dan ciptakanlah langkah pertama agar langkah demi langkah selanjutnya selalu tercipta hingga mengantarkanmu meraih keberhasilan.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 Motivasi dan Inspirasi: Jangan menyerah. Template by Bamz | Publish on Bamz Templates